Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang   Click to listen highlighted text! Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang Powered By GSpeech

TVMC Kab. Tangerang  

   

Pelayanan Informasi Publik  

   

Kota  Tangerang, (www.kpu-tangerangkab.go.id) - Pada hari ini, Selasa, 12 Oktober 2021 dalam rangka mempersiapkan diri dalam menghadapi pelaksanaan tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024, KPU Provinsi Banten menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan Anggaran Pemilihan Serentak Tahun 2024, bertempat di Saung Makan Jagarawa, Kota Tangerang.

Tampak hadir, Ketua beserta Anggota KPU Provinsi Banten dan juga Sekretaris beserta jajaran Sekretariat KPU Provinsi Banten. Peserta acara hadir Anggota KPU Kordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Sekretaris, serta Kepala Sub Bagian Program dan Data KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Banten. KPU Provinsi Banten menghadirkan 2  Narasumber yang berasal dari Biro Perencanaan dan Organisasi Sekjen KPU RI dan Badan Kesbangpol Provinsi Banten.

Acara diawali dengan ucapan selamat datang dari Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa perencanaan menjadi hal penting, karena jika perencanaan berjalan baik maka setengah dari kegiatan sudah berjalan baik.

Kemudian sekaligus membuka acara, Wahyul Furqon, Ketua KPU Banten menyampaikan informasi rancangan tahapan Pemilu dan Pemilihan.

“Hingga kini tahapan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 memang belum ditetapkan karena beberapa kali KPU RI rapat dengan Pemerintah dan DPR RI belum ada kesepakatan. Namun sebagai lembaga, KPU harus melakukan perencanaan, karena jika semua direncanakan dengan baik maka hasilnya juga baik. Pada dasarnya KPU tidak menutup diri terkait saran dan masukan dalam penyusunan anggaran”, ungkap Wahyul Furqon.

“Dengan rakor kali ini antara KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota harus ada kesamaan, khususnya terkait dengan perundang-undangan, oleh karena itu kegiatan ini bertujuan terciptanya sinergitas antara KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. Ada dua pembicara pertama dari Biro Perencanaan KPU RI dan Kesbangpol Provinsi Banten. Namun, karena ada hal yg tidak dapat ditinggalkan maka dari KPU RI akan bergabung secara daring”, terang Wahyul Furqon.

Selanjutnya, Rohimah, anggota KPU Banten menyampaikan pentingnya kesiapan KPU Provinsi dan KPU kabupaten/kota.

“Meskipun Pemilu dan Pemilihan 2024 belum ada kesepakatan tahapan, namun sebagai lembaga KPU harus bersiap, acara hari ini dalam rangka mensinergiskan KPU di Provinsi Banten, selain itu juga juga harus ada perkiraan jumlah TPS yang tepat dengan segala perkiraan dengan membandingkan data-data di Pemilu dan Pemilihan sebelumnya karena nanti menyangkut dengan honorarium badan adhoc”, jelas Rohimah.

Sementara itu Agus Sutisna selaku Anggota KPU Banten juga turut memberi arahan,” kali ini kegiatan terkait perencanaan sifatnya penting sekali, salah satunya adalah sinkronisasi, karena bagaimanapun jika tidak ada halangan KPU akan mengalami pengalaman pertama Pemilu dan Pilkada yang serentak, tolong diperhatikan betul, tentang soliditas sikap secara hirarkis dari KPU RI”, pesan Agus Sutisna.

“Karena itu maka mulailah jalin komunikasi dengan pemerintah daerah demi kepentingan lembaga, karena amanat dari Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah menggunakan APBD. Kemudian dalam perencanaan anggaran harus juga dikedepankan aspek rasionalitas, mendasar pada kebutuhan. Yang terakhir terkait TPS, karena Sidalih Berkelanjutan masih belum final maka kita dalam posisi standby, siap menerima arahan dan perintah”, terang Agus Sutisna.

Anggota KPU Banten, Nurkhayat Santosa turut memberi arahan, terkait perencanaan anggaran, tentu harus diantisipasi penganggaran mana yang ditanggung Provinsi dan mana yang ditanggung oleh Kabupaten/Kota, meskipun aturan belum ada namun harus tetap disiapkan. Beberapa daerah sudah ada Perda terkait dana cadangan.

“Dana cadangan untuk Pemilihan 2024, begitu juga KPU Provinsi Banten sedang mematangkan usulan anggaran dan KPU Kabupaten/Kota juga dapat menyusul. Kemudian bagaimanapun juga intinya harus siap, bagaimanapun itu nanti perkembangan terkait Pemilu dan Pemilihan”, ungkap Nurkhayat Santosa.

Arahan selanjutnya disampaikan oleh Sekretaris KPU Banten, Ferry Syahminan, beliau menyampaikan bahwa perencanaan adalah hal yang penting, begitu juga harus patuh pada aturan-aturan yang ada.

“Buat saya, perencanaan anggaran untuk Pemilihan merupakan hal baru, jika bisa apakah dapat disusun program dan kegiatan baru kedepan sebagai terobosan agar lebih menarik”, pesan Ferry Syahminan.

Kemudian Ramelan, Anggota KPU Banten, menyampaikan arahan terkait perencanaan yang baik akan menjadi ikhtiar agar kita bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh. “Mungkin tidak akan maksimal namun poin-poin utama harus disiapkan, beberapa daerah lain dapat menjadi pengalaman dan pembelajaran bagi kita, sehingga kita menghadirkan dari Biro Perencanaan KPU RI dan juga Kesbangpol Provinsi Banten”, terang Ramelan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Biro Perencanaan KPU RI dengan tema "Penyusunan Anggaran Pemilihan Serentak Tahun 2024", kemudian dilanjutkan materi dari Kesbangpol Provinsi Banten dengan tema "Fasilitasi Pemerintah Daerah dalam Penyusunan Anggaran Pemilihan Serentak Tahun 2024".

Sumber: https://banten.kpu.go.id/berita/baca/7814/kpu-banten-selenggarakan-rakor-penyusunan-anggaran-pemilihan-serentak-2024

   

Daftar Pemilih  

   

Buku PDPB 2020  

   

BERITA KPU  

   

Berita Terbaru  

Thumbnail Tigaraksa, (www.kpu-tangerang.go.id) - Untuk meningkatkan partisipasi pada Pemilu mendatang para pemilih pemula diajak Sosialisasi oleh KPU menjelang pesta demokrasi tahun 2024, Komisi Pemilihan...
Thumbnail Tigaraksa, (www.kpu-tangerangkab.go.id) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang kembali menggelar rapat koordinasi internal untuk menetapkan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB)...
Thumbnail Sindangjaya, www.kpu-tangerangkab.go.id – KPU Kabupaten Tangerang menghadiri Rapat Koordinasi Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang dilaksanakan di Rumah Makan Kampung...
Thumbnail Jakarta, (www.kpu-tangerangkab.go.id) - Di zaman serba digital sekarang ini era teknologi informasi serta komunikasi tidak sebatas bertemu secara fisik tapi juga dapat dilakukan secara virtual,...
Thumbnail Cilegon (www.kpu-tangerangkab.go.id) - KPU Provinsi Banten menggelar Rapat Koordinasi Penataan Kearsipan dan Bimbingan Teknis Persuratan & Penataan Arsip Di lingkungan KPU Provinsi dan KPU...
More inPemilu 2019  
   
© KPU KABUPATEN TANGERANG
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech