Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang   Click to listen highlighted text! Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang Powered By GSpeech
Print

Tigaraksa, (www.kpu-tangerangkab.go.id) - Anggota KPU Kabupaten Tangerang divisi Perencanaan, Data dan Informasi Ita Nurhayati dan Operator Sidalih Jaka Purnama mengikuti Rapat Koordinasi Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Berkelanjutan, Rabu (01/09). Kegiatan ini diikuti oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia, dan diselenggarakan dalam rangka mewujudkan efektifitas proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di lingkungan KPU/KIP Provinsi dan Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan setelah berakhirnya uji coba Daerah Percontohan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (pilot project) yang telah dilaksanakan oleh 10 KPU Kabupaten/Kota terpilih. Untuk itu perlunya disosialisasikan hasil pengembangan dan uji coba aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Berkelanjutan.

Ilham Saputra, Ketua KPU RI membuka Rapat Koordinasi Sosialisasi Sidalih Berkelanjutan. Dalam sambutannya, Ilham menyampaikan bahwa Pilot Project Aplikasi Sidalih Berkelanjutan telah selesai dilakukan di 10 KPU kabupaten/kota terpilih dan aplikasi tersebut merupakan pengembangan dari Tim KPU RI serta masukan-masukan dari KPU kabupaten/kota.

“Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan yang berjalan saat ini sudah berjalan dengan baik. Diharapkan melalui Aplikasi Sidalih Berkelanjutan tersebut dapat mempermudah kinerja proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Aplikasi sudah seharusnya memudahkan usernya, sehingga pelaporan KPU kabupaten/kota juga tidak terlambat ke KPU RI melalui KPU Provinsi,” ungkap Ilham Saputra.

Melalui Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Berkelanjutan, pengelolaan data pemilih yang telah dimutakhirkan secara berkelanjutan diharapkan menjadi semakin akurat. Sekaligus mempermudah kegiatan pemutakhiran data pemilih pada event penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan serentak pada tahun 2024 yang akan datang.

Anggota KPU RI Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU RI Viryan Aziz, menyampaikan perlu adanya Bimbingan Teknis serta membuat tutorial penggunaan Aplikasi Sidalih Berkelanjutan karena dalam waktu dekat akan dilakukan proses migrasi data pemilih ke aplikasi.

“Setiap KPU Kabupaten/Kota akan mendapatkan user/akses ke Aplikasi Sidalih. Ini bertujuan dilakukannya migrasi data. Namun yang perlu dipastikan oleh Tim Pusdatin KPU RI adalah data mana yang akan dimigrasi yang tentunya akan dilakukan dengan bantuan KPU Provinsi,” jelas Viryan Aziz. - Administrator

 

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech