Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang   Click to listen highlighted text! Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang Powered By GSpeech

TVMC Kab. Tangerang  

   

Pelayanan Informasi Publik  

   

Tigaraksa, (www.kpu-tangerangkab) - (KPU) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang mendapatkan kunjungan dari BAZNAS pada Kamis 1 April 2021 di Aula Atas KPU Kabupaten Tangerang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisioner, Kasubag, staff sekretariat KPU Kabupaten Tangerang serta dari BAZNAS yaitu Dra. Hj. Eny Suhaeni M.Si sebagai Narasumber dari BAZNAS dan Alin sebagai staff dari BAZNAS.

Badan Amil Zakat Nasional adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. BAZNAS merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. BAZNAS berkedudukan di ibu kota negara.

Agenda sosialisasi yang dilakukan BAZNAS kepada KPU Kabupaten Tangerang yaitu Program Strategis dan Program Kerja Baznas Kab.Tangerang 2021, Strategi dan Optimalisasi Pengumpulan ZIS 2021, Sistem dan Kalender  Serta Pemetaan Pendistribusian dan Pemberdayaan Zakat Tingkat  Dinas / Intansi / Lembaga / Badan / Kantor /Swasta, Penguatan Organisasi  dan Sinergitas Pengurus UPZ Dinas / Intansi /  Lembaga / Badan / Kantor / Swasta dengan pihak   Lembaga Keagamaan di Kabupaten Tangerang.

Dra. Hj. Eny Suhaeni M.Si sebagai Narasumber  menjelaskan “Azas  Pengelolaan Zakat yaitu Syariat Islam, Amanah, Kemanfaatan, Keadilan, Kepastian hukum,Terintegrasi, Akuntabilitas sebagai pertanggung jawaban anggaran dari  BAZNAS . serta kami juga mempunyai istilah UPZ yaitu unit pengumpul zakat yang mana hasilnya terdapat komposisi presentasi misalnya 100 persen yang di dapat dri KPU Kabupaten Tangerang, pembagiannya yaitu 20 persen BAZNAS 80 persen ke KPU” ujar Eny.

“Ada juga program zakat yang dikeluarkan lagi oleh BAZNAS yaitu Baznas sehat untuk pengobatan gratis dan memberikan rutilahu,  Baznas cerdas yaitu memberikan beasiswa kepada para pelajar SD sampai dengan SMA serta bantuan rehab ringan madrasah dan program satu kecamatan satu sarjana, kemudian ada Baznas taqwa, Baznas mandiri yang di dalamnya terdapat  bantuan modal usaha kecil menengah [UKM] bantuan usaha dan keterampilan dan pembuatan gerobak dagang serta bantuan tunai modal untuk mualaf, kemudian Baznas peduli yaitu did alamnya terdapat  Bantuan bencana alam, Bantuan dakwah, Bantuan pembayaran korban rentenir dan bantuan dana transportasi bagi musafir, Bantuan Kabupaten Sejahtera bantuan anak yatim bantuan peningkatan kesejahteraan guru ngaji dan Baznas Kabupaten Profesional Melakukan  pembinaan UPZ, indentifikasi, Pengembangan zakat dan Peningkatan etos kerja bagi amil zakat tingkat UPZ ,Dinas dan Kecamatan” Tambah Eny.

“BAZNAS kali ini melakukan sosialisasi dengan tujuan untuk mengedukasi pengelolaan BAZNAS serta kompetensinya masih banyak orang diluar sana yang sudah mengerti zakat akan tetapi belum  mengeluarkan zakatnya. Dan Infaq atau sadaqah yang akan kita keeluarkan boleh berapapun tapi zakat profesi harus ada standar aturan nya. BAZNAS  juga mempunyai anggaran milyaran tapi ketika terjun ke lapangan sangat kurang amunisinya  dan kami juga masih sangat  membutuhkan ambulance sebagai inventaris kita” Ujar Eny.

Kemudian Imron Mahrus senagai komisioner menanggapi serta mengapresiasi atas kunjungan sosialisasi dari BAZNAS,  “Terimakasih atas sosialisasi baznas ini dan kami sangat mengapresiasi kedatangan dari baznas Terkait baznas kita tdk bisa menyimpulkan sendiri sehingga kita perlu ada rapat lagi untuk membahas baznas”.

Dilanjut Dengan tanggapa dari Didi Munadi sebagai Ksubag dari Teknis dan Hupmas, “Antusiasme warga masih kurang karena zakat biasanya langsung ke masjid atau pak ustadz. Mudah mudahan hal ini bisa menjadi masukan untuk kita semua dan akan kita bahas lagi di hari senin dengan yg lainnya”

Dan kegiatan ini  ditutup oleh Akhmad Subagja sebagai Komisioner dan juga foto Bersama sebagai bentuk dokumentasi penyerahan modul BAZNAS. - (Administrator)

 

   

Daftar Pemilih  

   

Buku PDPB 2020  

   

BERITA KPU  

   

Berita Terbaru  

Thumbnail Tigaraksa, (www.kpu-tangerangkab.go.id) - KPU Kabupaten Tangerang rutin melakukan rapat mingguan yang dilaksanakan pada Senin, 12 April 2021 pukul 09.00 WIB. Rapat rutin ini dipimpin oleh M. Ali Zaenal...
Thumbnail Tigaraksa - (www.kpu-tangerangkab.go.id) - Pada Hari Jumat tanggal 9 April 2021 KPU Kabupaten Tangerang menghadiri Undangan Forum Konsultasi Publik (FKP) Perubahan RPJMD 2019-2023 Secara Daring...
Thumbnail Kota Serang – (www.kpu-tangerangkab.go.id)- KPU Kota Serang menggelar acara launching aplikasi SIAPEM (Sistem Informasi Administrasi Pemilu) di halaman KPU Kota Serang, Rabu,...
Thumbnail Serang – (www.kpu-tangerangkab.go.id) – (KPU) Komisi Pemilihan Umum Provinsi Banten bersama seluruh KPU Kabupaten/Kota se-Banten menggelar kegiatan Rapat Koordinasi dan rekapitulasi Data Pemilih...
Thumbnail Tigaraksa , (www.kpu-tangerangkab.go.id) – (KPU) Kabupaten Tangerang melakukan kegiatan turun ke masyarakat untuk memastikan data Daftar Pemilih Berkelanjutan.Seluruh SDM KPU Kabupaten Tangerang...
Struktur Oraganisasi Komisioner KPU
Tuesday, 06 April 2021
Thumbnail    
More inPemilu 2019  
   
© KPU KABUPATEN TANGERANG
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech