Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang   Click to listen highlighted text! Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang Powered By GSpeech
Print

Tigaraksa - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang membutuhkan 55 Relawan Demokrasi (Relasi) untuk Pemilu 2019. Wawancara dilakukan di Aula KPU Kabupaten Tangerang, Jum’at, (18/1/2019).

Para peserta tes wawancara di bagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama pukul 08.00 WIB – 11.30 kemudian kelompok kedua pukul 13.00 – Selesai. Dijadwalkan, hasil seleksi wawancara diumumkan Kamis (19/1/2019) besok. Adapun yang mengikuti tes sebanyak 98 pendaftar.

Dari 98 orang yang ikut tes tersebut, yang akan diterima sebanyak 55 orang untuk ditempatkan di 11 basis yang berada di 29 kecamatan se-Kabupaten Tangerang. 11 basis itu, yakni basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis pemilih marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warga internet.

Tujuan dibentuk Relawan Demokrasi itu, yakni untuk meningkatkan kualitas proses Pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda Pemilu.

“Setelah Relawan Demokrasi ini terbentuk, nantinya mereka akan turut ke tengah-tengah masyarakat untuk sosialisasikan  Pemilu ini dengan metode simulasi Pemilu, melalui permainan, diskusi kelompok, ceramah, melalui alat bantu serta postingan di media sosial,”ucap Imron Mahrus.

Terhadap masyarakat, Relawan Demokrasi itu menyebarkan pentingnya demokrasi terhadap tatanan negara , yaitu melalui partisipatif Pemilu.

“Kepada masyarakat, Relawan Demokrasi ini memberikan edukasi Pemilu. Seperti jadwal Pemilu, tatacara pemberian suara serta pengenalan peserta Pemilu ke masyarakat,” ucapnya.

“Relawan Demokrasi ini adalah orang-orang independen. Dalam bertugas, mereka tidak diperbolehkan menerima pemberian apapun atau gratifikasi dari peserta Pemilu,” pungkasnya. - Administrator

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech