Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang   Click to listen highlighted text! Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang Powered By GSpeech

TVMC Kab. Tangerang  

   

Pelayanan Informasi Publik  

   

KPU Kabupaten Tangerang kembali mengadakan sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018, Kali ini sasarannya adalah pemilih disabilitas. Sosialisasi yang digelar di Aula Kecamatan Balaraja, Mengundang dari Forum Disabilitas Kabupaten Tangerang dan Nasional Paralimpic Commite (NPC) Tangerang, Sabtu (24/2).

Hal ini merupakan komitmen KPU Kabupaten Tangerang terhadap Pemilu Akses atau prinsip aksesibilitas dalam pemilu juga memfasilitasi para penyandang Disabilitas yang mana mereka juga memiliki hak yang sama untuk memilih.

Para penyandang disabilitas tidak sepatutnya dijadikan sebagai objek, akan tetapi harus sama dengan yang lain mereka punya hak sebagai subyek. Mereka pun juga punya hak yang sama dengan pemilih yang lain dengan turut berkontribusi dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan, Atau bisa menjadi patner sosialisasi untuk mengajak para masyarakat agar sadar pemilu.

Agus Supadmo, Anggota KPU Provinsi Banten yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini mengatakan bahwa “Para penyandang disabilitas juga berhak mengetahui proses awal tahapan pemilihan kepala daerah mulai dari tentang sistem pemilu, siapa kandidat, dan sosialisasi serta kampanye, Jangan sampai dengan kondisi disabilitas dalam fisik, lantas disabilitas juga dalam pemahaman disebabkan karena kurangnya sosialisasi, ujar beliau.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang Akhmad Jamaludin, yang menjadi narasumber dalam acara ini juga menjelaskan tentang pemilih disabilitas. “Untuk menyalurkan haknya sebagai pemilih, kelompok disabilitas pun memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya. Bahkan pemerintah juga akan memperhatikan dengan memberikan fasilitas lebih dengan membentuk TPS khusus untuk kaum disabilitas. Hal tersebut diharapkan bisa membantu para penyandang disabilitas dalam menyalurkan haknya dengan lancar.”,tuturnya.

"Walaupun saat ini Kabupaten Tangerang hanya memiliki satu pasangan calon, bukan berarti hak memilih bagi setiap warga Kabupaten Tangerang di tiadakan, tetap ada pemilihan tetapi surat suaranya berbeda, ada kolom yang bergambar dan kolom tidak bergambar", ujar beliau.

“Alat bantu bagi para pemilih disabilitas merupakan suatu keharusan dengan juga memberikan pemahaman tentang tata cara penggunaan alat bantu. Dengan begitu, para penyandang disabilitas bisa leluasa dalam menentukan sikapnya untuk memilih calon pemimpinnya. Pemenuhan hak politik tanpa ada diskriminasi”, tambah beliau.

Acara ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi para penyandang disabilitas dalam pesta demokrasi tersebut. Selain peran KPU dalam mewujudkan kesadaran tentang pemilu atau keterlibatan para penyandang disabilitas sebagai peserta pemilu, pihak keluarga atau orang terdekat juga sangat berperan besar  dalam membangun rasa percaya diri para penyandang disabilitas. 

Berdasarkan pantauan tim media center KPU Kabupaten Tangerang, para peserta sosialisasi tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut, KPU  Kabupaten Tangerang memberikan motivasi kepada seluruh peserta agar lebih proaktif untuk ikut mensukseskan pilkada 2018 nanti. AMMU

   

Perolehan Suara Pasangan Calon & Kolom Kosong  

   

Menuju Pemilu 2019  

2
0
9
Hari
   

BERITA KPU  

   

Berita Terbaru  

Thumbnail       El Clasico Politik Jokowi VS Prabowo; Apa pun hasilnya Rakyat Wajib Menang Oleh: Alwi Fuadi, S. Ip (PPK Kecamatan. Kelapa Dua, Kabupaten. Tangerang) Dalam dunia sepakbola. Pertandingan antara...
Thumbnail     Gading Serpong- KPU Kabupaten Tangerang mengadakan Acara Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema "Evaluasi Data Pemilih Pilkada 2018 menuju Data Pemilih Pemilu 2019 yang Berkualitas", bertempat di...
Dapil DPRD Tangerang 6
Thursday, 09 August 2018
Thumbnail Keterangan : Tangerang 6 1. Cisauk 2. Kelapa Dua 3. Legok 4. Pagedangan   Jumlah Kursi : 8 Kursi
Dapil DPRD Tangerang 5
Thursday, 09 August 2018
Thumbnail Keterangan : Tangerang 5 1. cikupa  2. curug 3. panongan    Jumlah Kursi : 8 Kursi
Thumbnail   Cikupa – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang mengadakan Rapat Evaluasi dengan Relawan Demokrasi Kabupaten Tangerang Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, Waroeng Sunda, Talaga...
   
© KPU KABUPATEN TANGERANG
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech