Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang   Click to listen highlighted text! Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang Powered By GSpeech

TVMC Kab. Tangerang  

   

Pelayanan Informasi Publik  

   

Tigaraksa, KPU-Tangerangkab.go.id – KPU Kabupaten Tangerang telah menggelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Terakhir sebagai dasar penghitungan jumlah minimal dukungan yang harus dipenuhi oleh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang jalur perseorangan dan penetapan jumlah minimal dukungan bakal pasangan calon yang diusung partai politik, Minggu (10/09).

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, perhelatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018 memasuki tahapan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu/ Pemilihan Terakhir sebagai dasar penghitungan jumlah minimum dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Akhmad Jamaludin dalam pengantarnya mengatakan bahwa dari 171 daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2018, sedikitnya ada 4 Kabupaten/ Kota di Provinsi Banten termasuk Kabupaten Tangerang yang saat ini secara serentak menggelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Terakhir, Penetapan Jumlah Minimal Dukungan Persyaratan Calon Perseorangan, dan Penetapan Batas Dukungan Dari Partai Politik.

“Kami mengundang Bapak/ Ibu agar mengetahui bahwa calon perseorangan itu syarat-syaratnya yang kami tetapkan adalah berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 dan PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan. Oleh karena itu, kewajiban kami, karena kami KPU Kabupaten Tangerang melayani kepada Bapak/ Ibu yang ingin mencalonkan diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang yang nanti pada tanggal 27 Juni 2018 rakyat Kabupaten Tangerang mempunyai kedaulatan untuk menentukan pemimpinnya 5 tahun ke depan.” Ujarnya.

Ali Zaenal Abidin, selaku Anggota KPU Kabupaten Tangerang Divisi Pencalonan, memaparkan bahwa selain menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu/ Pemilihan Terakhir sebagai dasar penghitungan jumlah minimum dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan, KPU Kabupaten Tangerang juga hari ini menetapkan syarat dukungan minimal pasangan calon yang diusung oleh partai politik.

Sesungguhnya Rapat Pleno ini tidak mesti terbuka, tapi kami KPU Kabupaten Tangerang dalam rangka transparansi kepada masyarakat Kabupaten Tangerang, dalam hal ini peserta pemilu khususnya, partai politik, dan stake holder yang lain, kami sengaja tetap mengundang dan menghadirkan bapak/ ibu sekalian”. Paparnya.

Beliau menjelaskan bahwa berdasarkan Pasal 8 Ayat (2) Huruf c PKPU Nomor 3 Tahun 2017 juncto Pasal 40 Ayat (2) Huruf d dan e Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, serta berdasarkan hasil penghitungan DPT Pilgub Banten 2017 sebagai pemilihan terakhir, diketahui bahwa jumlah minimal dukungan yang harus dipenuhi pasangan calon dari jalur perseorangan berjumlah minimal 131.449 atau 6,5% dari jumlah DPT pemilihan terakhir yang wajib tersebar di 50% lebih jumlah kecamatan, sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan bahwa untuk daerah dengan jumlah penduduk yang lebih dari 1 Juta jiwa, jumlah dukungan minmal 6,5%.

Selain itu, telah ditetapkan pula jumlah minimal dukungan bakal pasangan calon yang diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik yaitu sebesar 20% jumlah kursi di DPRD atau 25% perolehan suara sah partai politik atau gabungan partai politik, sehingga diperoleh bahwa partai politik atau gabungan partai politik dapat mengusung bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati jika memiliki minimal 10 kursi di DPRD Kabupaten Tangerang atau memiliki suara pada pemilu legislatif minimal sebesar 347.215 suara sah.

Rapat Pleno yang digelar terbuka itu dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Tangerang, Anggota KPU Provinsi Banten, Asda I Kabupaten Tangerang, Panwaslu Kabupaten Tangerang, Kepala Kesbangpol, Kepala Disdukcapil, Pengurus Partai Politik, Organisasi Masyarakat, dan Tokoh Masyarakat di Wilayah Kabupaten Tangerang. (KAPUR)

   

Pengumuman Jingle  

   

Formulir Pendaftaran Calon PPK & PPS  

   

BERITA KPU  

   

Berita Terbaru  

Thumbnail Untuk mengunduh file  Pengumuman Syarat Minimal Dukungan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018, KLIK...
Thumbnail Setelah beberapa waktu yang lalu PPK dilantik dan telah menetapkan sekretariat di PPK masing-masing Kecamatan, KPU Kabupaten Tangerang segera melaksanakan bimbingan teknis dengan Ketua PPK dan...
User Manual SILON Perseorangan
Sunday, 19 November 2017
Thumbnail Untuk mengunduh file  User Manual SILON Perseorangan Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018, KLIK...
Thumbnail Guna meningkatkan partisipasi pemilih pada penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, KPU Kabupaten Tangerang bersama Pemerintah Kabupaten Tangerang menghimbau kepada warga...
Thumbnail Sebanyak 822 orang calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Tangerang telah resmi di lantik pada hari ini, Sabtu (11/11).
Thumbnail Untuk mengunduh file Pengumuman Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018, KLIK DISINI...
   

- Menuju Pilbup Tangerang -  

   
© KPU KABUPATEN TANGERANG
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech