Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang   Click to listen highlighted text! Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang Powered By GSpeech

TVMC Kab. Tangerang  

   

Pelayanan Informasi Publik  

   

KPU Kabupaten Tangerang gelar launching Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018 di Telaga Bestari, Kecamatan Cikupa Senin (28/08).

Acara yang digelar di Waroeng Sunda itu dihadiri oleh unsur Partai Politik, Sosiolog, Ahli Desain, Pegiat Topi Bambu, dan Media Massa.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Ahmad Jamaludin menjelaskan bahwa dalam perhelatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang Tahun 2018 mendatang, KPU Kabupaten Tangerang menggunakan “Si Tudung” Sebagai Maskot KPU Kabupaten Tangerang. Si Tudung

“Si Tudung ini berarti Tangerang Untuk Demokrasi Langsung. Tudung dipilih selain memiliki makna sebagai peneduh, juga agar kearifan lokal Tangerang ini tidak mudah tergerus oleh zaman” Ujarnya.

Selain Topi Bambu, Maskot yang baru diluncurkan ini memiliki berbagai filosofi yang menggambarkan keberagaman di daerah Kabupaten Tangerang. Terlihat Maskot mengenakan Baju Pangsi, Baju Dalam, Celana Pangsi, Sarung, Gambar Naga, Sabuk, Terompah, Paku, dan Surat suara yang dipegang oleh maskot.

Dr. Mufti Ali, Ahli Sosiologi menjelaskan bahwa “Si Tudung” sudah menjadi representasi kebudayaan dan sejarah Kabupaten Tangerang. “Baju pangsi dipilih sebagai baju maskot menggambarkan pakaian tradisional orang Tangerang dahulu dan orang Indonesia umumnya, sebelum mengenal pakaian yang diperkenalkan oleh bangsa Eropa seperti kemeja, jas, pantalon, dan lain-lain. Identik dengan dunia persilatan sebagai simbol jati diri orang Tangerang. Baju Pangsi juga menggambarkan eksistensi Etnis Sunda di Tangerang” Paparnya.

Sementara Agus Hasanudin, Pegiat Topi Bambu menjelaskan bahwa Topi Bambu merupakan ikon Tangerang. Topi bambu merupakan hasil industri rumahan yang pernah berjaya dan menjadi komoditas ekspor andalan Hindia Belanda. Hasil kerajinan masyarakat  Tangerang ini, mengharumkan Tangerang ke seantero dunia. Kejayaan industri rumahan ini berkisar tahun 1900-1938.

“Bahkan pada bulan Agustus 2011 Topi Bambu mendapatkan rekor MURI sebagai topi bambu terbesar di dunia” Jelasnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa Topi Bambu sekitar tahun 1900 telah diekspor ke Eropa dan Amerika. “Menurut catatan Pramoedya Anantanoer, Tahun 1900-1938 total ekspor 450 juta tudung” tukasnya. (KaPur)

   

Perolehan Suara Pasangan Calon & Kolom Kosong  

   

Menuju Pemilu 2019  

1
4
8
Hari
   

BERITA KPU  

   

Berita Terbaru  

DPTHP-2 PEMILU 2019
Tuesday, 13 November 2018
Thumbnail
Thumbnail     Jambe - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang bersama Disdukcapil mendatangi Rutan Klas I Tangerang dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Umum 2019 di Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini...
Go To School KPU Kabupaten Tangerang
Friday, 26 October 2018
Thumbnail KPU Kabupaten Tangerang menggelar acara KPU Go To School ke Sekolah SMAN 17 Kabupaten Tangerang guna meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula di kalangan pelajar sekolah. Komisioner...
More inPemilu 2019  
   
© KPU KABUPATEN TANGERANG
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech